hanifrizal.blogspot.com

RzaaL 1306 | Jasa Desain Template Blogger Murah, Aman, Terpercaya

Apa itu desain minimalis ?


Apa itu desain minimalis ?

Sebenarnya sih saya juga masih bingung apa itu yang dimaksud desain minimalis. Karena itu saya membuat post ini. Saya sudah mencoba mencarinya digoogle, berikut adalah hasil yang saya temukan dari google.

Web minimalis harus memiliki warna, tekstur, background dan elemen yang sederhana dengan tambahan satu atau dua objek besar sebagai titik fokus. Sehingga saat diakses, mata user akan cenderung mengarah pada satu atau dua titik itu saja. Web minimalis biasanya hanya memuat unsur-unsur yang dianggap penting, widget dan link-link tidak penting dan sekiranya tidak berfungsi lebih baik ditinggalkan. Tetapi dalam penghilangan elemen inipun juga harus harus hati-hati.

Nah Berikut ini adalah Tips elemen yang sekiranya bisa digunakan :
  • Gunakan kombinasi warna putih - abu-abu - hitam untuk object yang tidak ingin ditonjolkan. Abu-abu bisa dipecah dalam banyak warna lagi, dari abu-abu muda hingga abu-abu tua. Kombinasi warna ini akan memunculkan kesan minimalis dan netral karena pergerakan warna putih abu-abu hitam sebenarnya bukanlah warna, dia hanya bermakna 'gelap dan terang'. (itulah kenapa foto dan TV hitam-putih sering disebut TV dan foto 'tidak berwarna')
  • Gunakan satu atau dua warna kuat pada objek-objek yang ingin ditonjolkan dan ingin dijadikan fokus. Warna-warna kuat ini bisa biru tua, hitam, merah hati, maupun hijau army..
  • Gunakan font yang unik pada beberapa elemen yang ingin ditonjolkan.
  • Libatkan flash atau javascript agar elemen-elemen tertentu bisa bergerak. Hal ini penting agar website tidak terkesan 'mati'.
  • Gunakan susunan layout atau gambar yang berbeda-beda pada setiap halaman website. Memang agak susah, tetapi hal tersebut dapat membuat web minimalis tidak terlihat membosankan.

Nah itu adalah pengertian dan beberapa tips desain minimalis yang saya temukan di google. Sekarang waktunya kalian untuk memberikan pendapat kalian tentang Desain Minimalis ? Saya tunggu komentarnya dan mari kita diskusikan.

Sponsor

DMCA.com

Artikel Terkait

44 Comment at " Apa itu desain minimalis ? "

  1. Mari Kita diskusi tentang Desain Minimalis :D

    BalasHapus
  2. wahwahwah.... inikah yang dimksud dengna desain minimalis semuanya sudah pasti mengarah imajinasi.. agar semuanya jadi terasa hidup dan keren...

    makasih ya infonya sob...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih bingung mas, saya nyari di google kebanyakan isinya begitu :D
      makanya sekarang saya mau nanya sekalian diskusi

      Hapus
    2. wahhh ia sih sob.. ane juga masih bingung, desain minimal beda lagi dengan desain yang elegan....

      Hapus
    3. hehe iya mas saya juga bingung, minimalis sama elagan kyaknya beda tipis :D

      Hapus
    4. coba hilangkan kebingungan ituh

      Hapus
  3. Kalau menurut pendapat saya sih minimalis itu ya mengutamakan konten tanpa meninggalkan unsur penting lainnya seperti navigasi...

    Permasalahan warna tidak harus hitam putih atau abu-abu, jenis warna monokromatik sudah bisa mewakili jenis web yang minimalis....
    Gunakan font yang unik dan melibatkan flash jadi tidak terkesan minimalis karena akan memberatkan saat bloog mau di buka.....he...he...he....

    Layout yang berbeda-beda tiap halaman ? belum bisa dikatakan minimalis..... CMIIW...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau seperti itu hasil saya mencari digoogle semuanya kurang tepat ya...
      iya benar juga sih kata bang rudy...
      mungkin bisa ditambahin kriteria" minimalis ala bang rudy seperti apa, hehe :D

      Hapus
    2. Saya tidak bilang kalau bahasan diatas kurang tepot loh, tapi kalau pendapat saya ya itu tadi.....he...he...he....

      perpaduan warna selain hitam, putih dan abu-abu bisa dibuat minimalis selama tidak membuat sakit mata (lebih adem dipandang).
      Asal konten yang ditonjolkan jelas terlihat/terbaca... Jujur perpaduan warna pada area komentar ini saya kurang keterbacaannya karena tulisan yang kurang terang dibandingkan dengan latar belakangnya.....he...he...

      Minimalis bukan berarti mengurangi aksesibitaskan Mas, navigasi atas saya rasa cukup perlu ditampilkan untuk kecepatan akses pembaca kembali ke halaman awal atau mau menelusuri page yang lain.....

      Hapus
    3. blog saya tidak tau, minimalist seperti mana. cmiw

      Hapus
    4. makasih mas rudy atas penjelasannya :D

      Hapus
    5. maksudnya mas underground404 ?

      Hapus
  4. saya paling suka sama desain minimalis :D , apalagi desain minimalis modern

    BalasHapus
    Balasan
    1. desain minimalis modern itu yg seperti apa ?

      Hapus
  5. keren banget sob,
    desain minimalis nya,
    sukses selalu buat agan..!!

    http://ripcurl-crom.blogspot.com

    BalasHapus
  6. salam kenal sobat,,
    Ikut nyimak aja...
    http://rix666.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas :D
      wah jangan cuma ikut nyimak keluarin dong pendapatnya

      Hapus
  7. Hheheheheh setuju dah sama komentarnya bang Rudy Azhar di atas dah.... :D

    BalasHapus
  8. kalo blog ane mungkin type nya, blog rame nan silau hehehe :p

    nice share bro :)

    BalasHapus
  9. kalo blog ane termasuk minimalis ngga bg?
    soalnya warna yang menonjol cuma biru, n untuk buku tamu kelap kelip... sisanya putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya juga lagi nyari tahu seperti apa desain minimalis itu

      Hapus
  10. Bandingin aja cewek yang make-upnya minimalis, sama yang menor... nah tuh... sama kayak desain... Intinya sih GAK NEKO-NEKO... yang penting masukkan, yang ga penting singkirkan... Dah beres...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe tau aja mas make-up cewe yang menimalis seperti apa :D
      BTW thx masukannya

      Hapus
  11. review blog saya dong... menor nggak webnya
    http://benyaminginting.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. Menurut gue blog yang minimalis itu ya blog gue sendiri hehehe :D hanya memannfaatkan 2-4 warna saja :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih ga terlalu banyak warna dan warnanya pas :D

      Hapus
  13. wah minimalis kaya blog saya bukan ya dominasi hitam putih, minimalis simpel tapi karena simpelnya itu bikin di liat lagi di liat lagi, mungkin ada magnet tersendiri dan ya minimalisnya ga bisa di cap membosankan.

    seperti di introvertcouncil.blogspot.com mungkin haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. "magnet tersendiri dan ya minimalisnya ga bisa di cap membosankan." (y)

      Hapus
  14. Minimalis yaa, menurut aku gak pake widget2 yg gak penting,kaya jam,kasi makan ikan dll,agar menarik main warna,sama tipografi aja yg pas . :D kaya blog baru aku . wkwk :bata :bata

    BalasHapus
  15. Sepertinya judul dan pembahasan sedikit beda. apa itu perasaanku saja ya. Nice share btw

    BalasHapus
  16. wah manteb . saya emang mau jadi orang yang jago dalam hal design :)

    BalasHapus
  17. makasih sharing infonya, karena minimalis itu simpel tapi elegan

    BalasHapus
  18. lo caranya desain colom komentar tu gmana mazz..

    BalasHapus
  19. Cuma bisa komen, "ane takjub dengan templatenya,,,keren abis..." ^_^

    BalasHapus
  20. kalau menurut saya minimalis itu memperkecil sudut pandang mata ,baik kolom postingan,sidebar serta warna.btw ijin share templatenya ya kakak hanafi*Smile....di http://ketemplate.com

    BalasHapus
  21. mending minimalis tapi gampang kebaca sob, daripada ribet bikin pusing pembaca malahan..

    BalasHapus

website passionately designed and developed by Hanif Rizal .
© 2011 - 2013 RzaaL 1306 | powered by Blogger