hanifrizal.blogspot.com

RzaaL 1306 | Jasa Desain Template Blogger Murah, Aman, Terpercaya

Tips Berhenti Merokok

Tips Berhenti Merokok



Tips Berhenti Merokok - Kali ini RzaaL 1306 akan berbagi Tips Berhenti Merokok. Walaupun saya bukan perokok, tapi saya ikut terkena dampaknya maka dari itu saya ingin berbagi Tips Berhenti Merokok .Bagi perokok, merokok adalah bagian dari rutinitas sehari-hari bahkan menjadi suatu kebiasaan, sehingga sangat sulit untuk berhenti merokok.

Apakah Anda juga salah satunya?

Merokok biasanya dilakukan setelah bangun pagi, sambil minum kopi, sambil buang air, setelah makan siang, atau ketika berbicara di telepon.
Itu adalah sebuah bukti bahwa merokok sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Melihat orang lain merokok pun dapat menjadi pemicu untuk Anda menyalakan sebatang rokok.
Jika Anda memang berniat untuk stop merokok, lakukanlah langkah pertama Anda dengan mengenali pemicu-pemicu tersebut dan konsultasikan ke dokter. Merokok bukan hanya sekedar rutinitas semata. Tahukah Anda bahwa rutinitas merokok adalah suatu bentuk ketergantungan nikotin?

BERIKUT AKIBAT ROKOK

Akibat negatif dari rokok, sesungguhnya sudah mulai terasa pada waktu orang baru mulai menghisap rokok. Dalam asap rokok yang membara karena diisap, tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkan CO (karbon mono oksida), selain asapnya sendiri, tar dan nikotin (yang terjadi juga dari pembakaran tembakau tersebut) dihirup masuk ke dalam jalan napas.
Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. 60 diantaranya dapat menyebabkan kanker. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon mono oksida.
* Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
* Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah yang menyebabkan jantung berdebar-debar. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan. Meningkatkan tekanan darah serta kadar kholesterol dalam darah, yang erat dengan terjadinya serangan jantung.
* Karbon monoksida (CO) merupakan zat yang sama yang digunakan orang bunuh diri dengan menghidupkan mesin mobil dalam garasi yang tertutup. Dalam kuantitas yang kecil seperti jumlah yang didapat perokok dari kegiatan merokok tersebut, paparan terhadap karbon monoksida meningkatkan risiko berkembangnya penyakit jantung. Karena zat ini mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.
Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok)
14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
4x menderita kanker esophagus
2x kanker kandung kemih
2x serangan jantung
Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung.

Apakah anda ingin berhenti merokok?

Berhenti merokok merupakan hal yang saya akui sangat sulit, membutuhkan alasan dan juga kerja keras untuk berhenti merokok.
Ada berbagai jenis terapi medis untuk stop merokok. Beberapa orang mencoba stop merokok tanpa bantuan, istilahnya disebut "cold turkey" .
Beberapa yang lain mencoba metode terapi sulih nikotin, yaitu menggunakan produk-produk yang mengandung nikotin rendah seperti permen karet, lozenges dan lain-lain. Namun, kenyataannya jarang yang berhasil. Mungkin Anda sudah lelah untuk mencoba. Sekarang Anda boleh merasa lega, karena sekarang ada terobosan baru dan pertama solusi stop merokok di Indonesia!

BERIKUT TERAPI MEDIS

VARENICLINE merupakan salah satu solusi bagi anda yang ingin berhenti merokok. Dan hanya bisa didapatkan dengan resep dari dokter.
Produk ini hanya untuk orang dewasa, dan tidak dianjurkan untuk usia 18 tahun, wanita hamil dan menyusui ataupun digunakan bersamaan dengan produk stop merokok lainnya karena belum ada penelitian lebih lanjut.
VARENICLINE harus dikonsumsi selama 12 minggu. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui apakah VARENICLINE tepat dan aman bagi Anda.
Berdasarkan riset, menggunakan VARENICLINE memiliki peluang keberhasilan stop rokok hingga dua kali lipat dibandingkan dengan yang menggunakan bupropin.
Dan bila dibandingkan menggunakan Plasebo, hampir 4 kali lipat lebih efektif.
Dan 71 persen pasien memutuskan untuk berhenti menghisap rokok setelah diberikan varenicline selama 12 minggu.
Begitu pula setelah mendapat terapi tambahan 12 minggu berikutnya, pasien tersebut tetap berhenti menghisap rokok setelah enam bulan. Sedangkan terapi yang sama dengan menggunakan plasebo tingkat keberhasilannya hanya 50 %.
Berdasarkan penelitian, beberapa efek samping VARENICLINE adalah mual, sembelit, buang angin atau muntah, dan mimpi abnormal.
Gejala mual merupakan efek samping yang paling umum pada sekitar 30% pasien. Namun, hanya terjadi pada masa awal pengobatan dan sifatnya sementara.
Konsultasikan efek samping yang Anda alami. Informasikan jenis obat-obatan lain yang Anda konsumsi sebelumnya. Terutama jika Anda mengkonsumsi obat insulin, asma, obat penurun tekanan darah atau memiliki gangguan ginjal.
VARENICLINE membantu Anda mengurangi gejala-gejala yang muncul karena stop merokok, berupa gejala sulit berkonsentrasi, pusing-pusing dan "bad mood". Serta menurunkan rasa ketagihan pada perokok dan mengurangi kepuasan merokok sehingga dorongan untuk merokok dapat berkurang. Jika Anda sewaktu-waktu kembali merokok lagi, teruskan mengkonsumsi VARENICLINE dan cobalah untuk berhenti kembali.
VARENICLINE terbukti dapat dan mengurangi kepuasan merokok. Selain itu, Varenicline aman dan dapat ditoleransi dengan baik.
Cara kerja VARENICLINE adalah dengan memblokir nikotin sehingga tidak menempel pada reseptor otak.
Anda pasti tak menginginkan anak anda justru teracuni oleh anda sendiri, untuk itu segeralah kunjungi dan konsultasi secara rutin ke dokter Anda.
Ikuti juga program dukungan stop merokok dan ajak orang-orang terdekat Anda untuk ikut terlibat.

TIPS STOP MEROKOK

Merubah kebiasaan adalah hal yang paling sulit dilakukan semua orang. Begitu juga dengan stop merokok. Jika anda sudah berniat untuk stop merokok, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan :
1. Buat komitmen dengan diri Anda sendiri untuk stop merokok.
2. Cari motivasi atau alasan Anda untuk stop merokok. Mungkin demi keluarga atau demi kesehatan.
3. Mintalah dukungan teman atau keluarga untuk mengingatkan Anda ketika keinginan merokok datang.
4. Temui dokter dan konsultasikan niat Anda untuk stop merokok.
5. Tetapkan tanggal stop merokok Anda. Beritahukan orang-orang terdekat dan dokter untuk mengingatkan Anda.
6. Carilah program-program dukungan stop merokok untuk membantu Anda.
7. Singkirkan semua hal yang dapat mendorong atau mengingatkan Anda untuk merokok seperti korek, asbak dan rokok. 8. Antisipasi ketika keinginan merokok datang Keinginan untuk merokok bisa muncul secara tiba-tiba, untuk itu kita harus mengantisipasinya dari sekarang.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan saat keinginan merokok kembali muncul :
· Tariklah nafas yang dalam untuk menenangkan diri.
· Makan makanan yang bergizi, dan juga banyak minum air putih.
· Lakukanlah kegiatan lain agar keinginan merokok dapat teralihkan.
· Mintalah dukungan dari keluarga dan teman.
· Berolah raga.
· Makanlah permen atau camilan saat mulut terasa pahit atau keinginan merokok muncul.
· Ingatlah terus alasan anda untuk berhenti merokok.

Dan untuk anda yang mendukung stop merokok, anda bisa melakukan hal-hal dibawah ini :
1. Jauhkan asbak, bungkus rokok dan korek di sekitar perokok.
2. Bersabarlah dalam 1 – 2 minggu pertama, karena perokok akan cenderung mudah gelisah dan marah.
3. Berikan pujian, ucapan selamat atau hadiah-hadiah kecil atas usaha mereka untuk stop merokok.
4. Cobalah dengarkan cerita dan berkeluh kesah selama masa stop merokok.
5. Luangkan waktu lebih banyak bersama mereka untuk mengalihkan dorongan merokoknya.
Kaskus

Sponsor

DMCA.com

Artikel Terkait

40 Comment at " Tips Berhenti Merokok "

  1. Allhamdulillah ane ngga ngerokok mas, memang rokok harus dijauhkan tetapi yang sudah memakai ya susah untuk menjauhi :v

    BalasHapus
  2. Ane emang perokok gan
    mudah mudahan dengan tips ente bisa mengurangi bahkan berhenti
    biar gak nyusahin orang tua

    BalasHapus
  3. wahh klo aku yg ga merokokk... jdi ga prlu tipss ... hehehe

    BalasHapus
  4. @Cirebon-Cyber4rt Mana pertamax ? tadi cuma nunggu moderasi :D

    BalasHapus
  5. Si rzal udah belajar merokok .... kwkwkwkw :D

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah saya bukan perokok..
    ternyata berhenri merokok itu susah ya..?

    BalasHapus
  7. rokok perusak masa depan -_-

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah saya paling pantang klo make rokok...jd aman2 sjjaa

    BalasHapus
  9. nice share, tapi Saya mah gak perlu itu wokwokwok saya sendiri gak pernah merokok

    BalasHapus
  10. rokok mahall,,
    mnding buat bli bensin :D

    BalasHapus
  11. @Harun ITSoftCenter haha, gk aman masih tetap kena asapnya

    BalasHapus
  12. Perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif, maka untuk mengurangi resiko tersebut aktiflah merokok.

    Merokok ada ilmunya. Asapnya naik keatas abunya jatuh kebumi, begitu juga diri kita, Rohnya naik ke langit dan jasadnya kembali ke Bumi.

    Membuat awet muda, karena konon orang yang merokok berat belum sampai tua udah mati duluan kena kanker paru-paru.

    Yah kira-kira gitu sebagian manfaat dari merokok, wkwkwkwk peace........ kaburrrrrrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw, bener banget noh :D

      ane stuju bgt dah :P

      Hapus
  13. untungnya saya gak perokok sob

    BalasHapus
  14. sa mo stop merokok...cuma..smua teman d sktar sya...pada mrokok smua,...
    adoooh...beta bingung eee,...

    makasih..atas info menarikya ini sobat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah susah kalu udah kyak begitu

      Hapus
  15. Yang jelas tips berhenti merokok adalah jangan mencoba sama sekali akwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, memang kalau sudah merokok susah berhenti (kata orang")

      Hapus
  16. nice info gan
    tapi saya tidak merokok
    alhamdulilah yaa
    hehehehe

    BalasHapus
  17. banyak banget nih tips nya. heheh

    BalasHapus
  18. gw berpikir 2 kali untuk mengomentari artikel ini. karena gw salah satu diantaranya hehehe..

    ini tips yang bagus.

    BalasHapus
  19. wkwkwk, ane ga deh, ga ikut program bgonoan :D
    dokter juga banyak ko yg ngeroko :P
    berat rasa nya buat brenti, untuk merokok .

    BalasHapus

website passionately designed and developed by Hanif Rizal .
© 2011 - 2013 RzaaL 1306 | powered by Blogger